Rabu, 24 Juni 2015

Wisata Goa Kreo Semarang

Goa Kreo merupakan sebuah goa yang dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga saat mencari kayu jati untuk membangun Masjid Agung Demak. Ketika itu menurut legenda, Sunan Kalijaga bertemu dengan sekawanan kera yang kemudian disuruh untuk menjaga kayu jati tersebut. Kata "Kreo" berasal dari kata "Mangreho" yang berarti peliharalah atau jagalah. Kata inilah yang kemudian menjadikan goa ini disebut goa Kreo, dan sejak saat itu kawanan kera yang menghuni kawasan ini dianggap sebagai penunggu.

Saat memberi makan seekor kera

Goa Kreo berada di Dukuh Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Di dalam kawasan goa dihuni ratusan ekor kera yang dibiarkan bebas. Kera yang ada di Goa Kreo ini adalah jenis kera ekor panjang (macaca fascicularis). Kera-kera tersebut tergolong jinak dan bisa bergaul dengan pengunjung dan warga sekitar Goa Kreo.

goa Kreo menyuguhkan keindahan goa yang masih alami. Hal inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung kesini. Di bagian bawah goa juga sedang dibangun waduk Jatibarang yang masih dalam tahap penyelesaian hingga saat ini. 

Tertarik untuk berinteraksi dengan kera? Dari jalan raya arah Gunungpati, anda bisa turun ke lokasi wisata Goa Kreo. Anda bisa menggunakan kendaraan umum (angkutan atau ojek) atau kendaraan pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar