Senin, 22 Juni 2015

Omurice (オムライス omurais)

Anda tahu macam-macam makanan Jepang yang sangat populer? Bisa menyebutkan apa saja? Sushi, sashimi, yakiniku, teriyaki, ramen, dan masih banyak lagi yang tidak kalah populer dari negeri anime tersebut, yakni Omurice.

Jika Indonesia punya nasi goreng dan Amerika punya omelet, maka Jepang punya omurice (omurais). Kata omurice berasal dari kata omelet dan rice, Omurice adalah makanan dari negeri sakura berupa nasi putih yang digoreng bersama kecap dan saus tomat dan dibungkus oleh telur goreng omelet. Diatas omurice biasanya disiram sedikit saus tomat.


Omurice umum dimasak di rumah atau dijual di rumah makan bergaya barat di Jepang. Cocok untuk disantap kapan saja, saat sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Nasi untuk omurice biasanya diberi potongan kecil daging ayam, udang, cumi-cumi, atau jamur. Atau jika menyukai sayuran, anda juga bisa menambahkannya dengan bawang bombay, wortel, atau kacang polong.

Nasi untuk omurice diletakkan di atas telur dadar setengah matang yang dibuat di atas penggorengan. Lalu dengan gerakan tangan seperti membalik isi penggorengan, nasi menjadi terbungkus dengan telur dadar. Omurice yang dibuat di rumah biasanya menggunakan teknik membungkus nasi dengan telur yang lebih mudah. Telur dadar diletakkan diatas nasi, lalu isi penggorengan ditumpahkan diatas piring. Tertarik untuk membuatnya di rumah?

1 komentar: