Rabu, 24 Juni 2015

Vihara Buddhagaya Watugong

Kota Semarang memiliki banyak objek wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Ada Masjid Agung Jawa Tengah, Gereja Blenduk di Kota Lama, Sam Poo Kong, dan Vihara Buddhagaya Watugong. Baru-baru ini saya mengunjungi Vihara Buddhagaya Watugong. Setelah sekian lama ingin mengunjungi tempat ini, akhirnya datang juga kesempatan ini. Rasa penasaran saya seketika terbayar sudah.

Vihara Buddhagaya Watugong adalah sebuah vihara yang diresmikan pada tahun 2006 silam dan dinyatakan MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Terletak di daerah perbukitan di Semarang Selatan, vihara ini dapat ditempuh sekitar 45 menit perjalanan dari pusat kota Semarang. Lokasinya berada persis di tepi jalan arah Solo/Yogya. Dari jalan raya kita bisa melihat bangunan pagoda yang tinggi menjulang. 


Berdiri di area yang luas, vihara ini memiliki banyak bangunan di dalam kompleksnya. Ada lima bangunan utama disini. Salah satu ikon yang paling terkenal di vihara ini adalah Pagoda Avalokitesvara (Metta Karuna), dimana didalamnya terdapat Buddha Rupang yang besar. Pagoda Avalokitesvara merupakan bangunan tertinggi di kompleks vihara. Tingginya mencapai 45 meter dengan 7 tingkat. 7 tingkat tersebut memiliki makna bahwa seorang pertapa akan mencapai kesucian dalam tingkat ketujuh. Saking tingginya, pagoda ini menjadi mencolok diantara bangunan yang lainnya. 

Selain Pagoda Avalokitesvara, bangunan lain yang juga terkenal adalah Vihara Dhammasala. Saat masuk kedalam vihara, anda akan melihat patung Buddha berukuran raksasa yang sedang duduk (seperti bertapa). Disekitarnya terdapat dupa dan sesaji untuk keperluan ibadah atau ritual. Pada bagian tembok pagar di sekeliling Dhammasala terdapat relief Paticca Samupada, yang bercerita tentang pengajaran proses hidup manusia mulai dari lahir hingga meninggal.

Di kompleks vihara juga terdapat cotage untuk para tamu menginap. Kompleks vihara yang masih asri serta ditambah dengan keindahan arsitektur Tiongkok menjadikan tempat ini cukup nyaman untuk beribadah ataupun sekedar mampir berkunjung.

Vihara Buddhagaya Watugong ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. Pihak pengelola vihara tidak mematok harga tiket masuk. Pengunjung hanya diminta untuk menuliskan namanya di buku tamu dan memberikan sumbangan seikhlasnya. Karena ini adalah tempat ibadah yang masih digunakan, pastikan anda mengenakan pakaian yang rapi dan sopan ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar