Rabu, 24 Juni 2015

Pantai Baron Yogyakarta



Mengulas tentang eksotisme pantai di Yogyakarta seakan tak pernah ada habisnya. Salah satu dari sekian banyak pantai yang akan saya bahas kali ini adalah Pantai Baron. Pantai Baron adalah salah satu pantai yang terletak di Kab. Gunungkidul, surganya pantai di Yogyakarta. Lokasinya sangat jauh dari pusat kota, sekitar 40 km. Walaupun begitu banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang rela menempuh perjalanan 2-3 jam lamanya untuk mencapai kesini.
Konon nama Asal mula nama Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan asal Belanda yang bernama Baron Skeber. Bangsawan tersebut pernah mendaratkan kapalnya di pantai selatan Yogyakarta ini. Oleh penduduk setempat namanya diabadikan dan kemudian pantai tersebut terkenal dengan sebutan Pantai Baron sampai saat ini.
Pantai Baron merupakan pantai yang membentuk cekungan. Terdapat bukit-bukit kecil yang seolah “mengepung” pantai. Dari atas bukit pemandangan pantai terlihat lebih indah. Karena letaknya di Pantai Selatan, ombak di pantai ini cukup besar. Walaupun begitu pengunjung tetap diperbolehkan untuk berenang, asal masih dalam batas aman dan harus mendapat pengawasan yang ketat.
Seperti layaknya di pantai lain, di sekitar Pantai Baron tersedia berbagai macam hasil tangkapan laut seperti kakap, bawal, tongkol, juga udang windu. Disekitar pantai juga tersedia warung-warung makan yang menjual aneka olahan ikan segar. Selain itu anda juga bisa membeli cinderamata yang terbuat dari kerang laut, seperti bros, lampu hias, cermin hias, bingkai foto, dan tirai kerang.
Keunikan Pantai Baron adalah adanya sunga bawah tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan. Sungai bawah tanah tersebut mengalir ke arah laut dan membentuk muara yang mempertemukan air tawar dari sungai dengan air asin dari laut. Di pinggiran pantai anda juga bisa melihat kapal-kapal nelayan yang menepi.
Pemandangan Pantai Baron yang terlihat dari atas bukit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar