Rabu, 24 Juni 2015

Gereja Blenduk



Gereja Blenduk adalah Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah yang dibangun pada 1753 oleh masyarakat Belanda. Gereja ini menjadi salah satu landmark di kawasan kota lama Semarang. Bentuknya lebih menonjol dibandingkan bangunan lain disekitarnya. Gereja Blenduk berbentuk heksagonal (persegi delapan), dengan arsitektur di dalamnya yang berdasarkan salib Yunani.
Gereja ini sebenarnya bernama Gereja GPIB Immanuel, namun karena gereja ini memiliki kubah yang besar dan berbentuk bulat menonjol (bahasa jawa : mblenduk). Kubah gereja yang besar dilapisi oleh perunggu, dan di dalamnya terdapat sebuah orgel Barok. Bangunan dua lantai ini terletak persis di jalan utama kota lama, tepatnya di Jl. Letjend Suprapto no.32 Semarang. Jadi jika anda melewati jalur utama kota lama, anda pasti melihat keindahan arsitektur Gereja Blenduk ini.
Tak hanya sekedar untuk beribadah, gereja ini juga seringkali menjadi daftar objek wisata utama saat berkunjung ke kota lama. Arsitekturnya yang kuno dan klasik membuat Gereja Blenduk sering menjadi objek fotografi, baik untuk dokumentasi pribadi maupun komersil.  Bahkan tak jarang Gereja Blenduk menjadi tempat untuk foto pre-wedding.
Di sekitar Gereja terdapat sebuah taman kecil yang cukup enak untuk bersantai, Taman Srigunting. Pepohonan rindang ada di taman memberikan sedikit kesejukan di tengah panasnya kota Semarang. Adanya taman ini juga memberikan tempat beristirahat para wisatawan yang sedang berkunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar