Senin, 22 Juni 2015

Nasi Grombyang Pemalang

Nasi grombyang adalah sejenis nasi campur yang merupakan makanan khas dari Pemalang, Jawa Tengah. Apakah anda tahu asal muasal nama grombyang? Nama makanan ini berasal dari bentuk penyajiannya, yaitu antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan bergoyang-goyang (bahasa jawa : grombyang-grombyang)

Nasi grombyang terdiri dari nasi, irisan daging dan disiram dengan kuah berwarna cokelat pekat. Memang jika dilihat sekilas mirip dengan rawon, namun jika dicicipi rasanya berbeda. Jika rawon menggunakan irisan daging sapi, masa grombyang menggunakan daging kerbau. Namun sekarang tidak semua nasi grombyang menggunakan daging kerbau, ada juga yang menggantinya dengan daging sapi. 


Nasi grombyang disajikan dalam mangkuk kecil dan dilengkapi dengan sate kerbau atau sate jeroan. Ciri khas lainnya dari nasi grombyang terletak pada tempat jualannya yang berupa kuali besar, serta penerangan remang-remang lampu teplok. Pembeli menikmati hidangan dengan duduk di kursi kecil pendek (dingklik).

Salah satu penjual nasi grombyang yang sangat terkenal di Pemalang adalah warung grombyang H.Warso. Kepopuleran nasi grombyang H.Warso bahkan sampai keluar kota. Pada saat musim liburan atau mudik lebaran, warungnya selalu penuh oleh mobil-mobil plat luar kota. Letaknya yang strategis di tengah pusat kota memudahkan akses menuju kesana. Terletak di Jl. R.E Martadinata, dekat dengan alun-alun Pemalang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar