Rabu, 24 Juni 2015

Benteng Vredeburg




Benteng Vredeburg merupakan sebuah benteng yang dibangun tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I atas permintaan Belanda. Vredeburg berarti perdamaian. Konon alasan penamaan Benteng tersebut adalah karena Belanda dan Keraton memiiliki hubungan yang damai, tidak saling menyerang. Menurut Belanda, tujuan dibangunnya benteng itu untuk menjaga keamanan Keraton Yogyakarta dan sekitarnya. Padahal tujuan sebenarnya adalah untuk memudahkan dalam mengawasi dan mengontrol setiap perkembangan dan aktifitas yang terjadi di dalam Keraton.
 
Pada tanggal 23 November 1992 bangunan bekas Benteng Vredeburg secara resmi menjadi Museum Khusus Perjuangan Nasional. Benteng mempunyai menara pantau yang disebut seleka atau bastion di keempat sudutnya. Di dalam benteng juga terdapat bangunan-bangunan rumah perwira, asrama prajurit, gudang logistik, gudang mesiu, rumah sakit prajurit dan rumah residen.

Mengunjungi Museum Benteng Vredeburg  sebagai destinasi wisata sangat menarik. Benteng ini menyajikan koleksi benda-benda yang berhubungan dengan sejarah bangsa Indonesia. Terdapat koleksi benda-benda (material) yang nyata alias bukan tiruan, seperti senjata, pakaian, naskah, dan lain sebagainya. Koleksi-koleksi itu berada di empat bangunan diorama yang di dalamnya terdapat koleksi foto para pejuang dalam perjuangannya mempertahankan NKRI.

Tiket masuknya pun sangat murah, hanya dua ribu rupiah untuk umum dan seribu rupiah untuk anak-anak. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, tiket masuk dipatok dengan harga sepuluh ribu rupiah. Dengan harga semurah itu, anda bisa mendapatkan banyak sekali fasilitas di dalamnya. Diantaranya wi-fi area, mushola, kantin, perpustakaan, dan toko souvenir yang menjual koleksi khas Yogyakarta.

Museum Benteng Vredeburg berlokasi di Jl. Jend. A. Yani no 6 Jogjakarta. Atau di depan Gedung Agung (satu dari tujuh istana kepresidenan di Indonesia). Jam buka Museum adalah hari Selasa – Jum’at dari pukul 08.00 - 16.00 serta Sabtu – Minggu pukul 08.00 - 17.00. Hari libur Nasional tetap buka, sedangkan pada hari Senin tutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar