Senin, 22 Juni 2015

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)



MAJT mulai dibangun pada tahun 2002, dan diresmikan pada 14 November 2006. Diresmikan secara langsung oleh presiden RI saat itu, bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Pembangunan masjid ini memakan waktu selama lima tahun untuk selesai secara keseluruhan. Terletak di jalan Gajah Raya Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Semarang.
Masjid yang berdiri di lahan seluas 10 hektar ini memiliki arsitektur yang megah. Gaya arsitekturnya merupakan perpaduan antara Jawa dan Yunani. Terdapat payung-payung raksasa yang dapat dibuka-tutup sesuai keperluan. Konon konsep payung raksasa ini meniru Masjid Nabawi di Madinah.
Terdapat beberapa fasilitas umum di dalam lingkungan masjid, seperti perpustakaan, hall, hotel, ruko-ruko, dan resto dengan view yang cantik. Saat sore hari, banyak warga sekitar yang datang untuk bermain bola atau jogging di halaman kompleks Masjid Agung.
Di kompleks Masjid Agung ada sebuah menara atau tower yang diberi nama Asmaul Husna, karena tinggi tower yang mencapai 99 meter seperti 99 Asmaul Husna. Dari atas tower kita dapat melihat keindahan seluruh kota Semarang. Untuk menaiki tower, kita harus membayar lima ribu rupiah kepada petugas. Kita akan dibimbing oleh petugas untuk mencapai puncak tower.
Di lantai 2 dan 3 tower terdapat Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah. Ada juga resto dengan view terbaik di lantai 18 tower Asmaul Husna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar