Senin, 22 Juni 2015

Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wijck adalah benteng pertahanan Hindia-Belanda yang dibangun pada abad ke 18. Benteng ini merupakan salah satu peninggalan kolonial Belanda yang berada di Kompleks Secata A (Sekolah Calon Tamtama A) Gombong, . Terletak tidak jauh dari pusat kota Gombong, tepatnya di 4 km utara Gombong.
Gerbang masuk benteng Van Der Wijck Gombong
 
Konon nama Van Der Wijck diambil dari nama komandan pasukan Hindia-Belanda pada saat itu. Bentuk bangunan benteng ini terbilang sangat unik. Jika dilihat dari atas benteng ini berbentuk persegi delapan, dan merupakan benteng dengan bentuk persegi delapan satu-satunya di Indonesia.
Keseluruhan benteng ini terbuat dari batu bata merah dan memiliki ciri-ciri khusus yang berbeda dengan benteng-benteng lain peninggalan Belanda di Indonesia. Benteng ini dibangun untuk pertahanan dan terkadang untuk menyerang lawan. Setelah itu digunakan juga untuk sekolah militer, terlihat dengan adanya bekas barak-barak didalamnya. Mantan presiden Soeharto pernah berlatih militer disini selama beberapa waktu.

Setelah sepenuhnya beralih fungsi menjadi objek wisata, area kompleks Benteng Van Der Wijck telah mengalami renovasi. Area ini dilengkapi dengan taman, kolam renang, dan area permainan anak-anak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar