Senin, 22 Juni 2015

Lumpia Boom : Raksasa Dari Selatan Pulau Jawa



Anda tahu lumpia? Ya, lumpia adalah makanan khas dari Kota Semarang. Isinya berupa rebung, ayam, udang, dan telur. Biasanya dinikmati dengan acar mentimun sebagai pelengkap. Lalu apa bedanya lumpia biasa dengan “Lumpia Boom”?
Lumpia Boom adalah sebuah inovasi baru dari Kota Purwokerto. Lumpia ini berbentuk tidak biasa, beda dengan lumpia biasanya. Jika lumpia biasa ukurannya hanya kurang lebih 10-15cm, lumpia boom ini berukuran panjang 25cm! Cara menikmatinya juga unik, dicocol dengan sambal terasi. Tak hanya sebagai camilan, lumpia dengan ukuran raksasa ini dapat dijadikan sebagai lauk bersama nasi dan lalapan.
Isi lumpia boom juga bermacam-macam, tidak hanya ayam dan udang. Ada juga bakso, sosis, jamur, dan cumi. Tidak ada rebung, isi rebung diganti dengan sayuran seperti wortel dan daun bawang.
Salah satu kedai lumpia boom yang terkenal di Purwokerto adalah Kedai Extra Pedas. Kedai ini berlokasi di dekat kampus pusat Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Karena menyasar segmen mahasiswa, kedai ini juga menawarkan menu khas anak kos, yakni penyetan. Penyetan yang tersedia antara lain tempe, tahu, dan ayam.
Lumpia boom dipatok seharga Rp.7.000 – Rp. 8.500 per porsi. Satu porsinya sudah lengkap dengan nasi, sambal, kremesan, dan lalapan. Anda juga bisa memilih sambalnya. Ada dua pilihan sambal yang disediakan, yaitu sambal bajak yang super pedas dan sambal italiano yang tidak terlalu pedas.

Kedai Extra Pedas
Depan Perum Pabuaran Indah Sumampir HR. Bunyamin, Purwokerto
(Dekat kampus pusat UNSOED Purwokerto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar