Minggu, 05 April 2015

Penayangan Program "Kompasiana" di Kompas TV

Kompas TV menayangkan program acara “Kompasiana”. Pada awalnya, Kompasiana adalah sebuah forum yang berisi kumpulan tulisan dari para blogger di akun Kompasiana.com (dibawah Kompas.com) dan kemudian dibuat acara di media televisi.
Kompasiana merupakan sebuah forum diskusi di dunia maya, forum untuk menyuarakan aspirasi dan mengekspresikan kebebasan berbicara. Kompasiana termasuk dalam salah satu kegiatan dari citizen journalism atau jurnalisme warga yang kini marak di era digital ini. Citizen journalism adalah agen yang membantu kita untuk belajar mendengarkan suara orang yang sebelumnya tidak memiliki suara (voiceless) dan mereka yang butuh untuk didengarkan. Pepih Nugraha (2012) mendefinisikan citizen journalism sebagai jurnalisme yang dilakukan oleh warga biasa – bukan professional – menggunakan teknologi informasi sederhana seperti sambungan internet.
Sebuah berita seringkali terlebih dahulu ‘heboh’ di dunia maya oleh citizen journalism sebelum berita tersebut muncul di mainstream media. Contohnya saat bencana tsunami di Aceh 10 tahun silam. Satu atau dua video amatir diunggah oleh warga ke situs youtube disaat mainstream media hanya memiliki gambar dan laporan yang dibuat hanya sebatas grafis. Hal ini berarti kecepatan warga telah mengalahkan mainstream media. Setelah muncul video amatir tersebut barulah stasiun TV nasional akhirnya mengunduh video warga itu dan dimasukkan kedalam laporan beritanya. Inilah yang disebut sebagai kolaborasi antara citizen journalism dengan mainstream media.

Sama halnya dengan contoh diatas, munculnya fenomena penayangan program acara Kompasiana di Kompas TV juga merupakan sebuah kolaborasi antara citizen journalism dengan mainstream media (media televisi). Citizen journalism dengan segala kelebihan dan kekurangannya mengalami perkembangan dan penyesuaian dengan lingkungan otoritas jurnalistik yang sudah dikuasai oleh jurnalisme mainstream sebagai ‘senior’-nya. Munculnya kolaborasi dari Kompas TV dan Kompasiana dianggap sebagai salah satu solusi di era junalisme digital saat ini. Hal ini akan memungkinkan keduanya untuk lebih membangun interaksi yang tinggi dengan audience-nya. Tentunya para jurnalis Kompas TV harus bisa bekerja sama dengan audience dengan memberi kesempatan kepada mereka untuk memberikan kontribusi pada informasi di Kompas TV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar