Minggu, 12 April 2015

Analisis 3 Situs Portal Berita Online

1.      www.okezone.com

a.      Content
Persamaan dari ketiga situs portal berita online tersebut adalah sudah mengikuti aturan penulisan untuk sebuah website. Selain itu ketiganya memiliki beragam konten yang sama-sama menarik dan bermanfaat.
Perbedaannya adalah, situs viva.co.id memiliki lebih sedikit konten dibandingkan dengan merdeka.com dan okezone.com Di antara ketiga situs portal berita online tersebut, yang memiliki konten paling banyak adalah merdeka.com. Situs ini membuat konten di dalam webnya lebih spesifik dari dua lainnya.
b.      Functionally
Secara fungsional, ketiga website ini sama-sama mudah ditemukan. Kita bisa langsung menemukannya pada saat pertama mengetikkan alamat di situs pencarian. Namanya pun mudah diingat oleh pengguna. Sedikit perbedaannya adalah untuk membuka situs okezone.com dibutuhkan waktu sedikit lebih lama karena mungkin ukurannya yang agak besar.
c.       Navigation
Mudah saja jika kita ingin menemukan konten dalam ketiga situs tersebut. Misalnya okezone.com dengan nama Berita Pilihan. viva.co.id dengan terpopuler, sorot, dan fokus. Serta merdeka.com dengan top 10 news.
Perbedaannya adalah dalam okezone.com tidak ada ‘hashtag’ untuk lebih memudahkan pencarian yang sedang menjadi hot topic saat ini. viva.co.id memiliki ‘tag terpopuler’, sedangkan merdeka.com meiliki ‘Today #mTAG’.
d.      Audio / Video Quality
Pada beranda situs okezone.com ada beberapa pemberitaan dalam bentuk video, di viva.co.id juga ada satu atau dua video. Namun di beranda merdeka.com sama sekali tidak ada pemberitaan dalam bentuk video.
Manfaat dari audio dan video dalam pemberitaan itu sendiri adalah untuk memperkuat isi berita dalam bentuk tulisan. Pasalnya, orang akan lebih mempercayai apa yang dilihat dan didengarnya ketimbang tulisan tangan orang lain.
e.      Interactivity
Untuk berhubungan dan berinteraksi dengan pembacanya, okezone.com dan viva.co.id memiliki konten forum, dimana para pembaca bisa berinteraksi satu sama lain. Pembaca bisa memberikan komentar atau tanggapan terhadap suatu berita secara bebas, tanpa memandang status dan kedudukan.

Bedanya, di situs merdeka.com tidak ada rubrik komentar ataupun forum diskusi. Situs ini terlihat membatasi keterlibatan pembaca dan kurang interaktif. Pembaca hanya pasif menerima berita yang disuguhkan, tidak ikut aktif menanggapi isu-isu yang sedang terjadi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar