Sabtu, 11 April 2015

Nasi Gandul Khas Pati

Jika anda berkunjung ke Kota Pati, Jawa Tengah, anda tidak boleh melewatkan makanan yang satu ini. Ya, nasi gandul. Nasi gandul adalah makanan tradisional khas Pati yang cukup terkenal. Konon kabarnya dinamakan nasi gandul karena cara penyajiannya di atas piring dan diberi daun pisang yang sudah dibentuk sesuai dengan bentuk piringnya.
Nasi gandul menyajikan nasi putih yang diberi potongan daging dan kikil sapi yang dimasak kecap, lalu disiram dengan kuah diatasnya. Kuah nasi gandul berwarna kecoklatan. Hampir mirip dengan kuah rawon, rasanya pun manis dan gurih.
Nasi gandul biasa dimakan dengan tempe yang digoreng kering atau dengan kerupuk udang. Untuk memperkuat rasanya, taburkan sedikit bawang goreng diatasnya. Nasi gandul bisa dinikmati kapan saja. Namun menurut saya, nasi gandul paling pas dinikmati untuk sarapan. Apalagi ditambah dengan segelas teh hangat, nikmat!

Anda akan sangat mudah menemukan penjual nasi gandul di Kota Pati. Di luar Pati seperti di Semarang misalnya, juga sudah ada beberapa kedai / kios yang menjual nasi gandul. Harganya terjangkau, cukup mengeluarkan kocek sekitar 5 hingga 10 ribu rupiah saja anda sudah bisa menikmati kuliner tradisional yang menggugah selera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar