Minggu, 12 April 2015

Analisis 3 Situs Jurnalisme Online


a.      Content
Persamaan dari ketiga situs jurnalisme online tersebut adalah ketiganya memiliki beragam konten yang sama-sama menarik dan bermanfaat. Pada dasarnya konten yang ada hampir sama, namun masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Ketiganya merupakan sebuah forum untuk berinteraksi dan berdiskusi satu sama lain di dunia maya.
Perbedaannya adalah, situs kaskus.co.id memiliki forum khusus untuk transaksi jual beli barang yang dinamai “FJB”, sedangkan dua situs lainnya tidak ada. Di  kompasiana.com bahkan melarang adanya konten berisi iklan atau promosi sebuah produk. Aturan tersebut sangat mengikat kecuali dalam kondisi tertentu.
b.      Functionally
Secara fungsional, ketiga website ini sama-sama mudah ditemukan. Kita bisa langsung menemukannya pada saat pertama mengetikkan alamat di situs pencarian. Namanya pun mudah diingat oleh pengguna. Namun untuk melihat konten di dalamnya, meninggalkan komentar, atau ikut berdiskusi, kita harus mendaftarkan diri sebagai member forum. Website akan mudah digunakan jika kita sudah resmi terdaftar sebagai member di dalamnya.
c.       Navigation
Menemukan konten dalam ketiga situs tersebut terbilang mudah. Kita hanya perlu sekali-dua kali klik untuk membuka konten yang kita inginkan. Di forum.indowebster.com misalnya, kita akan dengan mudah menemukan konten kerena keseluruhan konten yang ada sudah terfokus. Konten-konten yang spesifik tersebut memudahkan kita untuk mengaksesnya.
d.      Audio / Video Quality
Karena ketiga situs ini adalah website berbasis forum, maka tidak banyak berita dalam bentuk audio / video. Manfaat dari audio dan video dalam forum itu sendiri tentu saja untuk membuat pembaca lebih tertarik. Dengan begitu pembaca lebih mudah menyerap informasi yang ada.
e.      Interactivity
Untuk berhubungan dan berinteraksi dengan pembacanya, saya merasa bahwa kaskus.co.id adalah situs dengan interaksi yang paling aktif antar anggota dibandingkan dengan dua situs lainnya. Walaupun begitu, di kompasiana.com juga menyediakan rubrik tanya jawab online tanpa dibatasi jumlah karakter, pun di forum.indowebster.com


Masukan :

Setelah menganalisa persamaan dan perbedaan ketiga situs jurnalisme online tersebut, saya merekomendasikan agar kedepannya situs-situs jurnalisme online maupun portal berita benar-benar menjadi wadah untuk menampung aspirasi masyarakat di dunia maya. Apapun website / situsnya, perbaiki dan terus perbarui konten-konten yang ada. Sesekali adakan gathering untuk lebih mengenal anggotanya satu sama lain di dunia nyata. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar