Selasa, 17 Maret 2015

Umbul Ponggok, Destinasi Wisata Unggulan Bagi Para Pecinta Snorkeling dan Diving

Belakangan ini Umbul Ponggok menjadi salah satu destinasi wisata air favorit di Klaten, terutama bagi wisatawan yang memiliki hobi snorkeling atau diving. Umbul Ponggok adalah kolam buatan dengan sumber mata air alami yang jernih dan segar. Luasnya 50 x 25 meter dengan kedalaman yang bervariasi, antara 1.5m hingga 2.5m. Kolam ini sebenarnya sudah ada sejak zaman Belanda ratusan tahun silam namun tidak dibuka untuk umum, hanya berfungsi sebagai pengairan dan perkebunan.

Umbul Ponggok terletak di dusun Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dari Kota Semarang bisa ditempuh kurang lebih 3 jam menggunakan kendaraan pribadi. Jika anda baru pertama kali kesana dan sama sekali tidak tau arah, saya sarankan untuk mengaktifkan GPS atau menggunakan Google Maps. Hal itu akan memudahkan anda untuk menemukan lokasinya karena akses kesana cukup membingungkan, tidak tanda / papan penunjuk arah.
Nuansa bawah air di Umbul Ponggok ini mirip sekali dengan di bawah laut. Airnya yang sangat jernih membuat pengunjung bisa dengan jelas melihat dasar kolam yang terlapisi oleh pasir, bebatuan, lumut, lengkap dengan ratusan ikan yang ikut berenang bersama pengunjung. Karena itulah selain snorkeling, kolam buatan ini seringkali menjadi tempat berlatih menyelam para pecinta diving, khususnya pemula, sebelum benar-benar menyelami dasar lautan.
Pemandangan bawah air Umbul Ponggok yang terlihat seperti di dasar laut
Umbul Ponggok buka setiap hari dari pukul 07.00 – 17.00 WIB. Pengunjung wajib membayar kontribusi sebesar Rp 5.000 (hari libur) dan Rp 3.000 (hari biasa) sebagai tiket masuk Umbul. Ingin snorkeling namun tidak membawa peralatan? Tak usah khawatir, disana tersedia beberapa tempat penyewaan alat-alat snorkeling. Anda bisa menyewa kacamata renang + snorkel seharga Rp 10.000, sepatu katak Rp 5.000, dan jaket pelampung Rp 5.000 saja. Jika anda tidak memiliki kamera underwater, disana tersedia juga laminasi HP untuk melindungi handphone anda. Cukup dengan membayar Rp 15.000 maka anda bisa leluasa berfoto di dasar kolam.


Tunggu apa lagi? Buat kalian yang memang hobi bermain air, sempatkanlah untuk berkunjung ke Umbul Ponggok. Kapan lagi bisa snorkeling dan diving murah meriah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar