Senin, 23 Maret 2015

Desa Kasongan : Desa Wisata Sentra Industri Gerabah

Kasongan adalah nama sebuah desa yang terletak di sebelah selatan Yogyakarta, tepatnya di Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Kasongan merupakan sebuah desa wisata yang dikenal sebagai sentra penghasil gerabah. Gerabah yang dihasilkan antaralain guci dengan berbagai motif, kendi, kuali, pot, pigura, hiasan dinding, dan lain-lain.
Setelah memasuki gerbang Desa Kasongan, anda akan melihat puluhan galeri yang berjajar di sepanjang jalan. Itu baru yang dipinggir jalan raya, masih banyak galeri lain yang tidak terlihat dari jalan raya karena memang letaknya yang agak di dalam. Wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang datang berkunjung akan disambut dengan ramah oleh para penduduknya. Selain membeli gerabah atau sekedar untuk melihat-lihat, pengunjung juga bisa mengikuti pelatihan tentang cara membuat gerabah mulai dari penggilingan, pembentukkan, penjemuran, pembakaran, hingga finishing.
Desa ini sudah sejak lama dijadikan sebagai desa wisata dan merupakan salah satu asset berharga yang dimiliki oleh Yogyakarta. Berdasarkan informasi dari penduduk setempat, konon sejak zaman Belanda, Desa Kasongan sudah menjadi sentra penghasil gerabah. Hingga kini, usaha tersebut masih dijalankan bahkan diberi pengakuan dan penghargaan oleh pemerintah setempat.
Proses pembuatan gerabah melibatkan penduduk sekitar yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Pihak keluarga maupun pihak penanggung jawab masing-masing galeri sebagian besar mempekerjakan tetangga-tetangganya. Hal tersebut guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka.
Untuk pemasaran produknya, masing-masing galeri memiliki cara sendiri-sendiri. Ada yang masih tradisional, seperti memasarkan dengan promosi dari mulut ke mulut. Mereka sama sekali tidak mengiklankan produknya melalui media, hanya mengandalkan pada banyaknya wisatawan yang datang. Ada juga yang sudah memakai media online sebagai sarana penjualannya. Mereka menjual produknya secara online dengan membuat website galeri mereka. Dengan adanya website tersebut semakin memudahkan proses transaksi. Jika ada pembeli yang berdomisili jauh dari Desa Kasongan, cukup dengan mengirimkan e-mail berisi form pemesanan. Produk akan dikirim dan diantarkan sesuai dengan alamat yang tertera.
Kerajinan gerabah dari Desa Kasongan ini sudah banyak dipasarkan hampir ke seluruh Indonesia. Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, dan beberapa kota di luar Jawa lainnya.  Bahkan tidak sedikit wisatawan asing yang juga membeli gerabah buatan warga Desa Kasongan ini, baik dalam skala kecil (satuan) hanya untuk koleksi, maupun dalam skala besar untuk dijual kembali di negaranya masing-masing. Seperti misalnya Singapura, Malaysia, Jepang, India, Korea, Australia, bahkan juga di beberapa Negara Eropa.
Galeri Foto :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar