Sabtu, 28 Maret 2015

Berani Ambil Resiko, Mahasiswa Teknik Informatika Mencoba Berwirausaha

Amron Badriza, enterpreneur muda
dari Unissula Semarang
Amron Badriza adalah seorang mahasiswa Fakultas Teknologi Industri jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang. Mahasiswa yang kini duduk di semester 6 ini adalah pencetus ide didirikannya UKM Inkubator Bisnis di Unissula. Seperti halnya “inkubator”, Inkubator Bisnis merupakan UKM yang menjadi wadah bagi mahasiswa Unissula yang memiliki minat dalam bidang bisnis, ingin memulai bisnis, ataupun ingin mengembangkan bisnisnya. UKM ini membuka kesempatan seluas-luasnya bagi siapapun yang serius ingin bergabung.
Ketertarikannya mendirikan UKM Inkubator Bisnis ini bermula ketika dirinya mengikuti seminar bertema Kewirausahaan di gedung rektorat Unissula. Saat itu pembicara seminar adalah Bapak Bagus, seorang pengusaha obat dan air mineral di Ambarawa. Usai mengikuti seminar itu, Amron memiliki tekad kuat untuk mulai berwirausaha. Ia kemudian berkonsultasi dengan Pak Bagus tentang idenya untuk memulai bisnis di Unissula. Gayung bersambut, Pak Bagus bersedia membantu dan menjalin kerja sama dengan Amron.
Akhirnya dibantu oleh Pak Bagus dan Pak Seno (yang saat ini menjadi pembimbing sekaligus penanggung jawab UKM Inkubator Bisnis), UKM Inkubator Bisnis berhasil didirikan. UKM ini diresmikan secara langsung oleh Wakil Rektor 3 pada tanggal 1 Januari 2014 lalu, dengan Amron sebagai General Manager-nya. Namun nama Inkubator Bisnis hanya bertahan selama satu semester. Dengan melalui berbagai pertimbangan, Inkubator Bisnis berganti nama menjadi “Kewirausahaan Unissula” hingga sekarang.
“Kenapa diganti nama ya supaya lebih to the point dan jelas maksudnya, karena nama inkubator itu sendiri masih terdengar ambigu di telinga orang-orang, apalagi inkubator bisnis. Akhirnya kita memutuskan untuk mengganti nama jadi Kewirausahaan supaya orang-orang lebih aware kalau UKM ini adalah tempat usaha, tempat untuk belajar memulai usaha” ujar mahasiswa asal Pati ini.
Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Amron terjun ke dunia bisnis. Pada tahun 2009, jauh sebelum dirinya menjadi mahasiswa, Amron sudah mencoba beberapa usaha kecil seperti jual pulsa dan ternak kelinci. Lambat laun keinginannya untuk berwirausaha semakin kuat. Setelah mendirikan Inkubator Bisnis, ia menjadi penjual kebab dari salah satu franchise untuk mengisi stan di UKM yang digagasnya itu.
Kecintaannya terhadap dunia wirausaha membuat mahasiswa yang hobi membaca ini sempat membuat dirinya galau. Saat memasuki semester 5, Amron sempat merasa ingin pindah jurusan manajemen. Dirinya bahkan sudah mencari informasi tentang bagaimana perkuliahan manajemen. Namun saat ia mengutarakan niat untuk pindah jurusan kepada orang tuanya, orang tuanya menentang keras. Mereka menyayangkan jika anaknya sampai pindah jurusan di tahun kedua ia kuliah. Menuruti perintah kedua orang tuanya, Amron mengurungkan niatnya untuk pindah jurusan dan memilih tetap bertahan dengan jurusannya hingga lulus.
Kini bisnisnya di UKM Kewirausahaan mulai menanjak. Amron bisa menghasilkan 300 hingga 400 ribu setiap harinya, atau kurang lebih 2 hingga 3 juta per bulan. UKM Kewirausahaan bahkan memiliki karyawan tetap dengan gaji yang lumayan untuk menambah uang saku mahasiswa. Walaupun bisnisnya belum merambah diluar Unissula, ini merupakan awal pencapaian yang baik di usianya yang bahkan belum genap 22 tahun.
 “Dunia wirausaha memang sulit untuk diprediksi dan penuh resiko. Kuncinya adalah berani mengambil resiko. Kuatkan niat dan siapkan mental. Jangan pernah takut untuk memulai usaha, selalu optimis dan tidak usah takut untuk rugi”.
Amron berharap dirinya bisa menjadi seorang businessman sukses di masa depan seperti tokoh wirausaha idolanya, Rasulullah SAW. Menurutnya, Nabi Muhammad SAW adalah seorang businessman sejati yang patut diteladani dan diidolakan oleh umat manusia.
Jika ingin lebih mengenal sosok Amron, anda bisa mengunjungi blognya di www.amronbadriza.blogspot.com atau dengan mengirim e-mail ke badriza@asia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar