Senin, 16 Maret 2015

Akankah Media Konvensional Tetap Eksis 5 Tahun Kedepan ?

Istilah media baru atau yang lebih kita kenal dengan “new media” bukanlah sesuatu yang asing lagi di era digital ini. Dengan adanya teknologi yang terus berkembang, semakin memudahkan manusia untuk terkoneksi jaringan internet. Media online kemudian berkembang pesat menjadi salah satu media favorit karena berbagai kemudahan yang ditawarkan. Pasalnya, dengan bermodalkan beberapa detik saja kita dapat mengakses setiap informasi yang ingin kita ketahui, sehingga lebih mudah diterima oleh masyarakat.
Keuntungan dari media online ini juga digunakan oleh para jurnalis dan pemilik media konvensional. Saat ini hampir seluruh media konvensional memiliki situs di dunia maya juga, atau yang sering disebut dengan konvergensi media. Misalnya surat kabar Kompas bisa diakses melalui www.kompas.com, Suara Merdeka dengan www.suaramerdeka.com, serta media konvensional lainnya.
Pertanyaannya adalah, apakah dalam kurun waktu beberapa tahun kedepan media konvensional akan tergusur oleh media online? Berdasarkan analisis saya, media konvensional  masih akan bisa bertahan 5, 10, atau bahkan puluhan tahun kedepan. Memang sulit bagi media konvensional untuk bersaing dengan media online, namun media konvensional memiliki nilai plus tersendiri dibandingkan dengan media online. Tentu saja, media konvensional juga memiliki penikmat setianya.
Secara logika, dengan adanya media online tentu bisa membuat siapapun menjadi seorang jurnalis, baik yang berada dibawah lembaga profesional tertentu maupun amatir. Bahkan seorang anak TK yang setiap hari bermain gadget pun bisa menulis apapun yang mereka suka. Maksudnya adalah media online tidak dapat dipastikan kebenarannya, kredibilitas informasinya diragukan, dan sering sekali terjadi hoax atau rumor palsu. Seperti yang dikatakan oleh McLuhan dengan teori “medium is the message”, media tidak hanya mempengaruhi masyarakat dari konten yang disampaikan, tetapi juga oleh karakteristik media itu sendiri
Kesimpulannya, media konvensional tidak akan mudah dengan begitu saja tergusur dengan kehadiran new media (media online). Kenapa? Karena media konvensional dianggap lebih “bisa dipercaya” karena para jurnalis media konvensional berada dalam satu lembaga yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Media konvensional bisa bertahan di tengah era new media dengan tetap mengelola integritas, kredibilitas, dan konsistensinya dengan tetap mematuhi kaidah-kaidah jurnalistik yang baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar